CEK HARGA PRODUK NASA

6 HAMA TANAMAN SAWIT YANG WAJIB DIWASPADAI

HAMA TANAMAN SAWIT YANG WAJIB DIWASPADAI



Apa sajakah hama-hama kelapa sawit yang harus diwaspadai? Organisme yang dianggap merugikan dan tidak diinginkan keberadaannya dalam kegiatan sehari-hari manusia disebut hama. Hal ini dikarenakan hama dapat merusak akar, batang, daun, dan bagian-bagian lainnya sehingga kelapa sawit tidak bisa tumbuh normal lalu akhirnya mati.
Baik kelapa sawit yang tumbuh secara liar maupun tanaman budidaya memiliki hama yang merupakan musuh perusak serta wajib diwaspadai. Produktifitas kelapa sawit yang terserang hama akan menurun drastis. Ini berarti hama perlu ditangani sesegera mungkin menggunakan metode pengendalian yang tepat dan efektif.


Apa saja sih hama-hama yang suka menggerogoti tanaman kelapa sawit yang dibudidayakan?
1. Kumbang TandukKumbang tanduk (Oryctes rhinoceros) merupakan hama utama pada kelapa sawit. Seperti yang pernah kami bahas di sini, kumbang ini sangat senang memakan hampir semua bagian tanaman yang lunak, termasuk bakal daun dan daun dewasa. Parahnya jika kumbang ini berhasil memakan habis titik tumbuh tanaman, maka cepat atau lambat kelapa sawit pun akan mati.


2. NgengatNgengat (Tirathaba mundella) juga termasuk hama kelapa sawit yang paling berbahaya. Bagaimana tidak? Hama ini akan meletakkan telur-telurnya pada tandan buah kelapa sawit. Setelah telur menetas, larva ngengat yang berupa ulat akan melubangi buah-buah sawit yang telah matang. Semua buah kelapa sawit pun bakal habis tak tersisa digerogoti oleh ulat dari Tirathaba mundella ini. Selain itu, larva ngengat dapat menyebabkan pula penyakit busuk buah.


3. Tungau MerahMeskipun ukuran tungau merah (Oligonychus) tidak lebih dari 0,5 mm, tetapi jangan salah hama ini dapat menimbulkan kerusakan yang cukup serius pada tanaman kelapa sawit. Tungau merah merusak tanaman mulai dari bibit kelapa sawit hingga pohon dewasa. Hama ini berkembang biak di tulang anak daun kelapa sawit. Kerusakan terjadi karena tungau merah menghisap cairan daun yang menyebabkan layu. Pada saat musim kemarau, tungau merah memiliki perilaku yang agresif dan lebih membahayakan.


4. Ulat ApiUlat api (Setora nitens) merupakan larva dari kupu-kupu setora. Hama ini sangatlah rakus karena bisa menghabiskan hampir seluruh daun kelapa sawit. Bahkan tidak jarang yang tersisa di tanaman hanya tinggal tulang daunnya saja alias lidi sawit. Perlu diketahui bahwa tingkat perkembangbiakan ulat api terbilang tinggi sehingga harus dihilangkan dengan cepat.


5. Tikus BelukanSalah satu spesies tikus hutan yang kerapkali dijumpai di perkebunan kelapa sawit yaitu tikus belukan (Rattus tiomanicus). Bukan hanya menggerogoti tanaman, tikus ini juga biasanya menggondol buah-buah kelapa sawit yang telah masak. Pengendalian tikus belukan yang paling mudah adalah dengan melestarikan predator alaminya seperti burung hantu, ular, dan kucing hutan.


6. Babi HutanWalaupun tidak secara langsung, babi hutan juga dapat merusak kelapa-kelapa sawit yang dipelihara. Babi hutan kerapkali menabrak tanaman-tanaman. Jika tubrukan sangat keras, bukan tidak mungkin pohon kelapa sawit yang sudah berukuran besar pun akan roboh.

TAMBAH WAWASAN MENGENAI PEMUPUKAN DAN PERAWATAN KEBUN SAWIT ANDA



Contact Person : BAMBANG HENDRIYANTOAlamat :Jl. Ringroad Barat no 72, desa salakan trihanggo gamping sleman JogjakartaHP : 087839383561 dan 081326912561 (SMS/Telp)Email : bambanghendriyanto1@gmail.comFacebook : bambang alfath

Cara pemesanan :

1. Jika menjadi konsumen, maka akan digunakan harga sesuai dengan Price List untuk konsumen.

2. Untuk pemesanan dibawah 2 juta free ongkir wilayah jawa, untuk wilayah luar jawa akan dikenakan biaya pengiriman barang yang akan diperhitungkan sesuai dengan pemesanan.

3. Untuk pemesanan diatas 3 juta untuk wilayah luar jawa free ongkir, akan diberikan GRATIS biaya pengiriman sampai tujuan


0 Response to "6 HAMA TANAMAN SAWIT YANG WAJIB DIWASPADAI"

Posting Komentar