CEK HARGA PRODUK NASA

PENGENDALIAN GULMA PADA KEBUN SAWIT

 gulma di kebun sawit


Bagaimana caranya pengendalian gulma pada kelapa sawit? Agar tanaman kelapa sawit yang dibudidayakan memiliki tingkat produktifitas yang tinggi, anda perlu merawatnya secara rutin. Salah satu bentuk perawatan yang mesti wajib diperhatikan adalah mengendalikan gulma-gulma yang tumbuh di sekitar tanaman budidaya.

Suatu tanaman bisa disebut sebagai gulma manakala tanaman tersebut mengganggu pertumbuhan tanaman budidaya. Biasanya tanaman ini tumbuh di sekitar tanaman utama atau menempel pada pokok tanaman. Tumbuh-tumbuhan yang hidup di tempat yang tidak semestinya pun dapat digolongkan gulma. Beberapa contoh gulma bagi kelapa sawit misalnya rumput, ilalang, bambu, dan pisang.Berdasarkan metode yang digunakan, pengendalian gulma pada kelapa sawit dapat dilakukan memakai 3 macam cara, antara lain :

1. Metode Manual

Metode manual adalah cara penanggulangan gulma dengan menggunakan tenaga manusia. Cara ini biasanya dilakukan dengan mencabuti membabati gulma-gulma yang tumbuh di sekitar tanamanbudidaya kelapa sawit. Pengcangkolan juga bisa dilakukan guna memberantas tanaman pengganggu ini. Untuk memperlambat tumbuhnya gulma kembali, para petani juga sering menutup area piringan dengan mesin.

2. Metode Mekanis

Metode mekanis dilakukan dengan memanfaatkan bantuan mesin untuk mengendalikan gulma di lahan budidaya. Karena menggunakan mesin, tentu saja pekerjaan pun menjadi terasa lebih ringan dan lebih cepat. Beberapa mesin yang umumnya dioperasikan di kebun-kebun kelapa sawit di antaranya mesin babat, traktor tangan, dan traktor.

3. Metode Kimia

Metode kimia ini merupakan suatu metode yang menggunakan bahan-bahan kimia guna mengendalikan pertumbuhan gulma. Itu sebabnya, penerapannya pun harus berhati-hati dan sesuai petunjuk di kemasan. Pemberian dosis yang keliru justru bisa merusak kondisi lahan budidaya. Herbisida ialah bahan yang banyak dipakai untuk mengatasi gulma pada tanaman kelapa sawit. Di samping anda juga dapat memanfaatkan minyak-minyak yang khusus dibuat untuk mengontrol gulma ini

VIDEO TUTORIAL INI MUNGKIN BISA SEBAGAI REFERENSI PEMELIHARAAN KEBUN SAWIT ANDA, SEHINGGA HASIL PRODUKSI SAWIT MENINGKAT TAJAM



Contact Person : BAMBANG HENDRIYANTO
Alamat :Jl. Ringroad Barat no 72, desa salakan trihanggo gamping  Sleman       Jogjakarta 
HP ;087839383561 dan 081326912561 
(SMS/Telp)Email : bambanghendriyanto1@gmail.com
Facebook : bambang alfath

Cara pemesanan :

1. Jika menjadi konsumen, maka akan digunakan harga sesuai dengan Price List untuk konsumen.

2. Untuk pemesanan dibawah 2 juta free ongkir wilayah jawa, untuk wilayah luar jawa akan dikenakan biaya pengiriman barang yang akan diperhitungkan sesuai dengan pemesanan.

3. Untuk pemesanan diatas 3 juta untuk wilayah luar jawa free ongkir, akan diberikan GRATIS biaya pengiriman sampai tujuan

0 Response to "PENGENDALIAN GULMA PADA KEBUN SAWIT"

Posting Komentar