CEK HARGA PRODUK NASA

BIAYA PEMBUKAAN LAHAN SAWIT


Biaya pembukaan lahan sawit

Kebun kelapa sawit merupakan investasi yang teramat berharga. Oleh sebab itu, perhitungan biaya-biaya yang harus dikeluarkan selama proses pengelolaan lahan harus dilakukan dengan matang. Rincian perhitungan tersebut meliputi biaya pengadaan lahan, pembersihan kebun, pembelian bibit, pemberian pupuk, pembasmian gulma, serta pemangkasan daun.


Biaya Pengadaan dan Pembersihan Lahan

Biaya awal meliputi biaya yang harus dikeluarkan untuk pengadaan lahan dan pembersihannya dari tanaman liar. Harga lahan kelapa sawit sangat variatif biasanya tergantung dari letak lokasinya. Misalkan kita ambil harga kelapa sawit yaitu Rp 10.000.000/hektar. Sedangkan untuk biaya pembersihan lahan berkisar Rp 500.000/hektar.

Biaya Pembibitan

Bibit sebaiknya dibeli dari tempat yang bersertifikasi agar jelas kualitasnya. Jangan pernah membeli bibit sawit di penjual yang tidak berlisensi meskipun harganya dipatok lebih murah sampai setengah harga. Sebab kelapa sawit yang tidak jelas umumnya memiliki produktifitas yang rendah. Anda bisa mendapatkan bibit yang bagus di PPKS, Marihat, Lonsum, atau Socfin.
Bibit berusia 6 bulan biasanya dibandrol dengan harga Rp 15.000/bibit. Karena bibit di usia ini masih rentan dirusak babi hutan maka dibutuhkan biaya tambahan untuk membuat pagar. Kita asumsikan biaya pembangunan pagar per baris adalah Rp 5.000, jadi total biaya pembuatan pagar ialah Rp 20.000/bibit.
Sedangkan jika Anda tidak ingin repot dengan pagar, pilih bibit berusia minimal 18 bulan. Bibit sawit ini sudah memiliki duri sehingga tidak mungkin dimakan babi. Harga rata-rata bibit kelapa sawit berumur 18 bulan sekitar Rp 30.000/bibit.
Jumlah kebutuhan bibit untuk setiap hektar disesuaikan dengan jarak penanamannya. Misalnya jarak yang dipilih yaitu 9 x 9 m, maka untuk luas 1 hektar (10.000 m2) membutuhkan bibit sebanyak 10.000/81 = 130an bibit. Jadi biaya yang diperlukan untuk membeli bibit kelapa sawit berusia 18 bulan yakni Rp 30.000 x 130 bibit = Rp 3.900.000/hektar.

Biaya Pemupukan

Berikut ini rincian biaya pemupukan kebun kelapa sawit.
PAKET AKSI BOS 
UNTUK 3 HEKTAR LAHAN SAWIT
ATAU 3x PEMUPUKAN SUPAYA HASIL
BISA MENINGKAT 30% - 100%
DENGAN HANYA MENAMBAH MODAL
Rp.2.500.000,- saja

Paket ini merupakan paket khusus untuk pembelian produk NASA yaitu:

3 kotak SUPERNASA @3kg 
10 kotak GREENSTAR @3 schet
3 botol POC NASA @500cc
3 botol H0RMONIK @100cc
3 botol SUPERNASA @250gr
3 botol POWER NUTRITION @250gr.
FREE ONGKOS KIRIM

ATAU

3 kotak SUPERNASA @3kg 
10 kotak GREENSTAR @3 schet
9 botol POWER NUTRITION @250gr.
FREE ONGKOS KIRIM


Paket ini dapat digunakan untuk lahan kelapa sawit seluas 3 hektar dengan catatan lahan yang normal atau lahan yang tidak memerlukan penanganan khusus seperti lahan gambut, berpasir, dll.
Produk ini bisa digunakan untuk lahan tersebut tetapi nanti hasil akan kurang maksimal.
Jika lahan anda bermasalah, maka kita sarankan menaikkan dosis paket menjadi 2x lipat dari dosis diatas.

Cara pemakaian Paket BOS Sawit dalam 1 hektar lahan sawit


Siapkan tong/drum ukuran 200 liter dan isi dengan air bersih. Ukuran tong bisa menyesuaikan dengan jumlah pokok sawit anda.
Masukkan 1 kotak Supernasa 3kg, 1 kotak Grenstar, 1 botol POC NASA 500cc, 1 botol Hormonik 100cc, 1 botol Supernasa 250gr dan 1 botol Power Nutrition 250gr.
Aduk merata dan diamkan larutan tersebut dalam 1 malam. 
Disarankan anda membuat pada sore hari dan paginya diaplikasikan.
Aduk kembali pagi hari sebelum disiram supaya campuran produk tercampur rata.
Siramkan masing masing tanaman sawit 1 liter larutan induk tadi per tanaman.
Atau lebih bagus lagi setiap 10 liter air dicampur 1liter larutan induk tadi dan disiramkan merata ke sekitar tanaman.
Jadi 1 paket NASA bisa digunakan untuk 3 kali pembuatan larutan induk.
Lakukan pemupukan NASA setiap 3-4 bulan sekali.
Untuk pemupukan makronya disesuaiakan dengan rekomendasi setempat dan diberi jarak 1-2 minggu sebelum pemberian NASA.
Untuk sisa Greenstar nya untuk disemprotkan ke daun. Dosis 1/2 - 1 sachet per tangki 17 liter untuk menyemprot 10 tanaman sawit.

Hasilnya bagaimana setelah memakai paket ini..?
Hasil berbeda setiap daerah tergantung kondisi tanah, cara pemupukan, bibit dan lain lain. 

Biaya Pemberantasan Gulma
Pemberantasan gulma di kebun kelapa sawit dilakukan dengan menyemprotkan herbisida. Harganya sekitar Rp 175.000. Anda juga membutuhkan alat penyemprot yang berharga sekitar Rp 150.000. Sementara biaya tenaga kerja yaitu Rp 60.000/hektar. Kebutuhan per hektar adalah 1 liter herbisida yang sudah dicampur air sebanyak 300 ml.
Penyemprotan pertama dilakukan saat pembukaan lahan. Berikutnya penyemprotan kedua dikerjakan 6 bulan setelahnya. Lalu lahan kembali disemprot 6 bulan kemudian. Metode efektif mencegah gulma tumbuh di lahan selama 3-4 tahun. Sehingga total biaya untuk penyemprotan selama 4 tahun adalah Rp 1.000.000.

Biaya Pemangkasan

Pemangkasan kelapa sawit bertujuan agar tanaman tumbuh secara efektif. Terdapat tiga macam pemangkasan yaitu pemangkasan pasir untuk membuang bagian tanaman yang tidak normal, pemangkasan produksi untuk meningkatkan produktifitas, dan pemangkasan pemeliharaan untuk menjaga pertumbuhan tanaman.
Biaya yang harus dikeluarkan untuk setiap melakukan pemangkasan ialah Rp 100.000/hektar. Sehingga jika selama 4 tahun dilakukan pemangkasan daun sebanyak 5 kali, maka biayanya adalah Rp 500.000/hektar.

VIDEO TUTORIAL INI MUNGKIN BISA SEBAGAI REFERENSI PEMELIHARAAN KEBUN SAWIT ANDA, SEHINGGA HASIL PRODUKSI SAWIT MENINGKAT TAJAM





Contact Person : BAMBANG HENDRIYANTO
Alamat :Jl. Ringroad Barat no 72, desa salakan trihanggo gamping  Sleman       Jogjakarta 
HP ;087839383561 dan 081326912561 
(SMS/Telp)Email : bambanghendriyanto1@gmail.com
Facebook : bambang alfath

Cara pemesanan :

1. Jika menjadi konsumen, maka akan digunakan harga sesuai dengan Price List untuk konsumen.

2. Untuk pemesanan dibawah 2 juta free ongkir wilayah jawa, untuk wilayah luar jawa akan dikenakan biaya pengiriman barang yang akan diperhitungkan sesuai dengan pemesanan.

3. Untuk pemesanan diatas 3 juta untuk wilayah luar jawa free ongkir, akan diberikan GRATIS biaya pengiriman sampai tujuan

0 Response to "BIAYA PEMBUKAAN LAHAN SAWIT"

Posting Komentar