CEK HARGA PRODUK NASA

SYARAT TUMBUH TANAMAN SAWIT



Ingin tahu apa sajakah syarat tumbuh tanaman kelapa sawit yang lengkap? Pemahaman anda tentang karakteristik kelapa sawit yang tepat akan berpengaruh besar terhadap keberhasilan budidaya yang dilakukan. Salah satu poin pentingnya yaitu mengenali syarat-syarat yang menentukan kelapa sawit bisa tumbuh dengan subur.

Pada dasarnya, kelapa sawit termasuk tanaman yang gampang sekali hidup. Cuma sebagai tanaman budidaya, kelapa sawit harus mempunyai produktifitas yang tinggi. Nah, di bawah ini merupakan syarat-syarat yang menentukan pertumbuhan kelapa sawit secara lengkap :

Kondisi Lingkungan

Paling baik, kelapa sawit dipelihara di daerah yang memiliki ketinggian 1 hingga 500 meter dpl. Di tempat seperti ini suhu udaranya sekitar 24-28 derajat C dengan tingkat kelembaban mencapai 80-90 persen. Pergerakan udara yang berkecepatan 5-6 km/jam juga sangat membantu terjadinya penyerbukan bunga kelapa sawit secara alami.

Intensitas Cahaya

Kelapa sawit membutuhkan cahaya dalam intensitas yang besar. Rata-rata per harinya, tanaman ini perlu mendapatkan penyinaran matahari secara langsung selama 5-7 jam. Jadi perhatikan jarak tanambibit kelapa sawit minimal 9 x 9 meter agar tanaman tetap bisa mendapatkan cahaya yang cukup ketika tumbuh besar.

Curah Hujan

Kelapa sawit cenderung menyukai daerah-daerah yang memiliki curah hujan tinggi. Tanaman ini akan berbuah lebih lebat saat dibudidayakan di tempat yang mempunyai curah hujan mencapai 1.500-4.000 mm/tahun. Kesimpulan ini didasarkan pada bukti di lapangan bahwa kelapa sawit yang ditanam di Papua sanggup memproduksi 28-30 pelepah/tahun, sedangkan kelapa sawit di Sumatera hanya bisa menghasilkan 26-28 pelepah/tahun.

Jenis Tanah

Untuk jenis tanah yang cocok dijadikan media tanam kelapa sawit di antaranya latosol, regosol, podzolik, aluvial, dan hidromorfik kelabu. Selain itu, tanah berjenis gambut saprik, dataran pantai, dan muara sungai juga cukup bagus untuk ditanami kelapa sawit. Di antara jenis-jenis tanah tersebut, tanah yang paling baik digunakan untuk membudidayakan kelapa sawit ialah podzolik. Kelapa-kelapa sawit yang dipelihara di tanah podzolik terbukti memiliki tingkat produksi yang lebih tinggi ketimbang tanah berpasir dan tanah gambut.

Kadar Keasaman

Kelapa sawit bisa tumbuh dengan baik manakala ditanam di tanah yang subur, gembur, permukaannya datar, berdrainase lancar, dan mengandung lapisan solum tanpa lapisan padas. Kadar keasaman tanah yang paling bagus untuk mendukung pertumbuhan kelapa sawit yaitu pH 5,0-5,5. Untuk mendapatkan tingkat keasaman yang ideal ini anda bisa menaburkan kapur dolomit atau kieserite sampai didapatkan pH tanah yang pas.

Tingkat Kemiringan

Sebelumnya sudah disebutkan jika kelapa sawit menyukai lahan yang memiliki permukaan datar. Kalaupun miring, tingkat kemiringannya tidak boleh lebih dari 15 derajat. Pembuatan terasering pada lahan yang miring sangat dianjurkan guna menjaga keidealan syarat tumbuh tanaman kelapa sawit.

UNTUK REFERENSI PEMELIHARAAN DAN PEMUPUKAN KELAPA SAWIT BISA ANDA SIMAK VIDEO BERIKUT INI


Contact Person : BAMBANG HENDRIYANTO
Alamat :Jl. Ringroad Barat no 72, desa salakan trihanggo gamping  Sleman       Jogjakarta 
HP ;087839383561 dan 081326912561 
(SMS/Telp)Email : bambanghendriyanto1@gmail.com
Facebook : agen pupuk organik nasa

Cara pemesanan :

1. Jika menjadi konsumen, maka akan digunakan harga sesuai dengan Price List untuk konsumen.
2. Untuk pemesanan dibawah 2 juta free ongkir wilayah jawa, untuk wilayah luar jawa akan dikenakan biaya pengiriman barang yang akan diperhitungkan sesuai dengan pemesanan.
3. Untuk pemesanan diatas 3 juta untuk wilayah luar jawa free ongkir, akan diberikan GRATIS biaya pengiriman sampai tujuan

0 Response to "SYARAT TUMBUH TANAMAN SAWIT"

Posting Komentar